Friday, September 25, 2009

Merakit Tamiya

Ganti kode adsense link 336x280
Belakangan ini gua lagi punya hobi baru yaitu merakit Robot Model Kit. Kesenangan baru ini dimulai ketika adek gua beli beberapa model kit robot Patlabor dari Singapore, dia beli 5 biji model kit. Tadinya gua nggak tertarik karena memang gua nggak seneng hal2 semacam itu.,paling cuma suka liat animenya aja. Nah karena lagi hari libur dan kebetulan gua lagi nginep ditempat adek gua maka gua sok mau ikutan ngerakit eh malah dikasih lampu hijau sama adek gua itu. Malah gua boleh memilih model kit mana yang gua suka dan dengan isengnya kembali sok milih model yang paling keren yaitu model kit Grifon -robot musuh bebuyutan para robot patlabor lainnya- dan dikasih lampu hijau lagi! Bujuug!

Tanpa buang waktu gua langsung mulai merakit bagian demi bagian dari model robot itu. Mencermati tiap skemanya dan memasangkan tiap bagian dengan bagian yang lain benar2 bikin gua lupa diri.Sehari semalam gua kebut untuk bisa menyelesaikannya. Keasyikan ini memang melenakan, pikiran benar2 bisa kosong dan fokus pada satu hal saja. Kadang gua pikir kok gua bisa begini ya? Tenggelam dalam kegiatan senam otak kiri -yang katanya mengontrol fungsi rasional dan sistematis- setelah sekian lama matematika nggak menarik lagi dan gua lebih senang menggunakan otak kanan dalam berkesenian, berfilosofi dan bercinta hehehe..

Dalam ketenggelaman ini gua merasa menemukan kedamaian ketika bisa melihat semua bagian dari apa yang ingin kita buat, kemudian merakitnya untuk melengkapi bagian yang lain dari sebuah bentuk utama. Mencocokannya dengan skema yang sudah ada sebagai panduan kadang kala gua nilai nggak kreatif, tapi nyatanya segala sesuatu itu sudah ada "skemanya". Termasuk kehidupan itu sendiri. Tidak ada kehidupan yang "lepas" tanpa skema, semuanya sudah ada "jalurnya". Bedanya hidup itu sedikit lebih kreatif daripada satu set model kit paling keren sekalipun, karena manusia dikaruniai kelebihan untuk bisa memilih.

Kembali gua nggak habis pikir, kok ya bisa2nya gua jadi lupa daratan inget lautan seperti itu? Kemana khayalan2 dan angan yang biasanya memenuhi otak gua sehari-hari? Hampir nggak ada hari yang gua lewatkan tanpa berkhayal. Lagi beol nghayal, lagi makan nghayal, lagi didepan komputer apalagi, bahkan yang lebih parah pas lagi sholat jugak pikiran nghayal kemana-mana!buset! Mungkinkah karena orang yang mempunyai otak kanan yang lebih aktif lebih cenderung untuk berkhayal? Nggak tau deh, belum sempat gua khayalin tuh.

Urusan rakit merakit ini sepertinya memang berhubungan dengan banyak hal. Mungkin yang membuat hal ini menarik adalah "proses" merakitnya itu sendiri ketimbang hasil ahirnya. Contohnya setelah selesai merakit Griffon kok ada perasaan lega campur kosong? Bukan karena pada ahirnya Griffon itu tetep milik adek gua dan dipajang di mejanya tapi lebih karena nilai sesungguhnya adalah pada saat merakitnya, pada prosesnya dan bukan hasil ahirnya. Walaupun hasil ahir adalah bagian dari proses itu sendiri fitrah manusia adalah untuk berproses. Terus bergerak karena sesungguhnya hasil ahir dari perjalanan hidup manusia itu sudah pasti yaitu mati!. Tinggal matinya seperti apa itu adalah pilihan yang dikembalikan pada proses yang dilalui masing2 manusia.

Baru kali ini gua berurusan dengan model kit macam Griffon itu, yang tiap bagiannya didesain dengan sangat cermat dan presisi khas orang jepang. Dulu banget waktu masih kecil gua inget pernah beli sebuah model kit Voltus tapi terbuat dari kertas karton tebal! Tadinya gua kira cuma gambaran (kartu bergambar yang suka dijadikan alat berjudi oleh anak2 jadul) tapi begitu gua tau itu apa maka tengelamlah gua dalam suara mata gunting memotong kertas serta bau lem yang agak2 bikin mabok. Gua udah nggak inget gimana bentuk ahirnya Voltus karton made in lokal itu atau gimana pula nasibnya berahir. Jadi sebenarnya gua udah dari kecil suka rakit merakit yang menunjukkan bahwa manusia pada dasarnya sangat menyukai dan menjiwai sekali proses merakit itu, bahkan mungkin sudah tertulis dalam DNA kita.

Pada saat gua dan adek gua lagi asik2nya merakit tiba-tiba ada seorang teman yang nyeletuk bertanya soal ada nggaknya model kit tapi yang dirakit adalah kebahagiaan? Kalo saja ada mungkin dengan asiknya kita bisa memilih untuk merakit kebahagiaan seperti apa yang kita mau. Entah itu kebahagiaan karena uangkah, kebahagiaan karena tahta dan kebahagiaan karena motor tua hahahaha maaf wanita nggak masuk hitungan karena terbukti tidak konsisten menciptakan kebahagiaan. Karena tidak cuma kebahagiaan yang bisa diberikan wanita tapi sejarah membuktikan wanita bisa memicu perang dan kesengsaraan bahkan Islam dengan terang2an mengatakan bahwa penghuni neraka itu paling banyak adalah wanita! Tapi itu semua kan gara2 laki-laki juga hahahaha. Ada sebuah joke yang menanyakan kenapa penghuni neraka itu kebanyakan adalah wanita? Karena laki-laki banyak yang berpoligami huahahahaha...garing.

Sebenarnya hidup itu mirip model kit. Sekotak kehidupan datang dengan kebahagiaan, pencapaian juga penderitaan dengan aturan sosial, budaya dan agama sebagai skemanya, sabar serta ikhlas sebagai lemnya. Cuma kita nggak akan pernah bisa tahu seperti apa jadinya model kit hidup kita itu karena Allah yang punya kuasa atas hidup kita. Tapi sebenarnya apa enak kalo kita bisa tahu ahir dari hidup kita? Seperti nonton film tapi sudah dikasih tau endingnya oleh orang yang sok ngasih tau pacarnya di sebelah tempat duduk kita padahal tangannya lagi kemana-mana. Logikanya kehidupan dan kebahagiaan itu bisa dirakit lho, kita cuma perlu melihat skema dan mencocokkan tiap bagian kebahagiaan itu satu sama lain dan biarkan kita tenggelam dalam keasyikan yang cuma dibatasi oleh kematian.

Setahu gua model kit itu ada tingkatan dan skalanya. Makin tinggi tingkatannya makin rumit bagian2nya dan makin susah merakitnya. Bagi orang2 yang sudah cukup ahli, model kit standar saja nggak cukup. Mereka biasanya meng-customnya dengan berbagai tambahan seperti cat dan dioramanya. Kondisi ini juga berlaku dalam merakit kebahagiaan, manusia sejak lahir telah diberikan berbagai macam fasilitas penunjang kebahagiaan. Ada yang menambahinya dengan berbagai alat kebahagiaan seperti uang, kekuasaaan dan sekali lagi motor tua ada pula yang cukup dengan senyum dan kejujuran saja sudah bisa merakit kebahagiaan dan memajangnya dengan bangga di etalase atau meja kerja kehidupannya.

Jadi terserah kita untuk merakit kebahagiaan seperti apa yang kita mau, semuanya sudah disediakan dalam paket model kit kehidupan. Rakitlah dengan penuh kesabaran dan kejujuran, jika ada suatu bagian yang tidak mau menempel atau tidak cocok pastikan untuk melihat panduannya terlebih dahulu. Jangan ambil jalan pintas menghalakan segala lem super cepat kering kebodohan tapi kalaupun harus pakai lem gunakanlah lem bawaan yang sudah ada yaitu kesabaran dan kejujuran, walau memang agak lama keringnya tapi begitu menempel lebih kuat dan tahan lama. Mudah2an kita menikmati proses merakit kebahagiaan ini karena hidup itu adalah tantangan...

Seperti tantangan yang diberikan oleh adek gua yang tiba2 mengingatkan kalo masih ada 2 lagi model kit INGRAM AV-98 yang perlu dirakit malam ini..Huaaa..ayooo semangat!

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Mix Info Around
Designs By Bhambank Mbambong Blog